Sejarah Program Studi

gedung-fkip-2

Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) merupakan salah satu Prodi yang berada pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) sebagai unit pelaksana LPTK. ProdiPGSD telah mempunyai pengalaman dalam menyiapkan calon guru Sekolah Dasar. Saat inialumninya telah tersebar baik pada tingkat lokal di Provinsi Aceh maupun pada tingkat nasional.

ProdiPGSD telah mendapatkan izin penyelenggaraan dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.1932/D/T/2007 tertanggal 19 Juli 2007, yang berlaku sampai dengan 29Juli 2009. Izin pernyelenggaraan terakhir kali diperpanjang oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.3228/D/T/K-N/2010 tertanggal 30 Juli 2010, yang berlaku sampai dengan 30 Juli 2014.Saat ini akreditasi BAN-PT yang diperoleh adalah C (SK BAN-PT NO.013/BANPT/Ak.XV/S1/VJ/2012) yang berlakusampaitanggal 22 Juni 2017.
Pada awal kelahiran tahun 1991,ProdiPGSD FKIP UniversitasSyiah Kuala berjenjang D-II yang merupakan kelanjutan hasil integrasi SPG dan SGO ke FKIP Unsyiah Banda Aceh (Kepmendikbud No.0854/U/1989). Tujuan utama integrasi ini adalah untuk meningkatkan kualifikasi guru SD dari setingkat SLTA menjadi setara D-II sehingga dapat meningkatkan mutu lulusan sesuai dengan perkembangan ilmu dan tuntutan kebutuhan masyarakat.

Tahap awal penyelenggaraan program studi D-II PGSD berada pada jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Unsyiah. Dalam pelaksanaannya terdiri dari tiga unit pelayanan program (UPP) yang tersebar di kota Banda Aceh dan Aceh besar. UPP I berada di kampus induk Darussalam, UPP II berada di Lamteumen Timur Banda Aceh berjarak 15 km dari kampus induk.
Tahun 2000 program studi PGSD menambah program konsentrasi Pendidikan Jasmani (SK Rektor Universitas Syiah Kuala No. 254 tahun 2000). Setahun kemudian, pada tahun 2001, program studi PGSD kembali menambah program konsentrasi Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak (SK Rektor Universitas Syiah kuala no 254 tahun 2000).

Tahun 2004 berdasarkan SK Rektor Universitas Syiah Kuala No. 177 April 2004 Program Studi D-II PGSD ditingkatkan menjadi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan program Studi Guru Kelas, Dikjas dan Program Studi PGTK.

Tahun 2007 FKIP Unsyiah mendapat izin menyelenggarakan Program studi SI PGSD, yang merupakan kelanjutan dari program D-II PGSD (KepmendiknasNo. 1932/D/T/2007). Tujuan utama peningkatan kualifikasi guru SD dari strata D-II menjadi S-I adalah untuk dapat meningkatkan mutu lulusan sesuai dengan perkembangan ilmu dan tuntutan kebutuhan masyarakat.
PGSD FKIP Unsyiah membentuk dua konsentrasi, yaitu konsentrasi Pendidikan Guru Kelas dan Jasmani Kesehatan. Dalam pelaksanaannya, kegiatan perkuliahan dilakukan di dua lokasi yang berbeda. S-I PGSD Guru Kelas berada di lokasi Lampeneurut Aceh Besar yang berjarak 10 km dari kampus induk. Sedangkan S-I PGSD Jasmani Kesehatan berada di Lamteumen Timur Banda Aceh yang berjarak 15 km dari kampus induk.

Saat ini, S-I PGSD Guru Kelas dan S-I PGSD Jasmani Kesehatan telah digabung menjadi S-I PGSD. Ada 4 konsentrasi yang dapat dipilih oleh mahasiswa pada saat mereka duduk di semester V, yaitu konsentrasi matematika, IPA, IPS, sertabahasa Indonesia.

 

803 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini