Partisipasi Dosen PGSD dalam Pelaksanaan Program PDS 2019

Program Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS) merupakan sebuah hibah yang telah dilaksanakan oleh FKIP Universitas Syiah Kuala sejak Tahun 2018.

Pada tahun 2018, dua dosen PGSD berpartisipasi dalam Program PDS. Kegiatan yang dilakukan adalah kerjasama dengan guru mitra yang telah ditunjuk. Kerjasama tersebut mulai dari merencanakan pelaksanaan pembelajaran untuk 8 pertemuan di SD mitra, pelaksanaan rencana pembelajaran tersebut dan evaluasi bersama, dilanjutkan dengan diseminasi hasil pembelajaran di tingkat Fakultas. Pada kegiatan ini dosen dan guru juga bekerja sama menghasilkan karya ilmiah untuk dipublikasikan. Dosen PGSD Dra. Monawati, M.Pd. bekerja sama dengan Mursyida, S.Pd dari SDN 29 Banda Aceh, dan dosen PGSD Linda Vitoria, S.Si., M.Sc. bekerja sama dengan Vivi Vanda Akhwilla, S.Pd. dari SDN 2 Banda Aceh.

Program PDS 2019 merupakan lanjutan dari program PDS 2018. Pada tahun 2019, dosen yang sebelumnya telah bekerja sama dengan SD, menerapkan pembelajaran di kampus masing-masing. Sedangkan dosen-dosen yang baru bergabung, “turun” ke sekolah untuk bekerja sama dengan guru dari sekolah-sekolah mitra yang ditunjuk. Tahun ini Drs. M Husin, M.Pd. bergabung dan bekerja sama dengan Darmini, S.Pd.,M.Pd. dari SDN Unggul Lampeuneurut. Sama dengan tahun sebelumnya, pada kegiatan PDS 2019 ini dosen dan guru juga menghasilkan karya tulis ilmiah.

Video-video pembelajaran Program PDS seluruh Indonesia dapat dilihat di https://www.youtube.com/channel/UCzNwIyThJ4nNeqS6v1y9Yog

Video berikut adalah Trailer Video PDS 2019 FKIP Unsyiah

PGSD FKIP Universitas Syiah Kuala

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *